Lebih dari setengah miliar orang menggunakan Instagram untuk berbagi video dan gambar dengan satu sama lain setiap hari. Kemungkinannya adalah, Anda adalah salah satu dari mereka dan banyak teman Anda kemungkinan memiliki aplikasi yang diinstal juga. Lagi pula, ini adalah jaringan berbagi foto paling populer di dunia, tetapi ada lebih banyak hal dari yang terlihat dan menyiapkan Instagram Analytics Anda dengan benar adalah kunci untuk mengembangkan strategi terbaik.
Bisnis dari semua ukuran dan industri menggunakan Instagram untuk terlibat dengan pengikut mereka. Untuk bisnis, game Instagram bukan hanya tentang berapa banyak suka yang didapat foto. Mereka juga peduli tentang pelacakan klik Tautan Dalam Bio dan menentukan siapa yang mengunjungi situs web mereka melalui pos yang dipromosikan.
Semua ini mengarahkan banyak bisnis untuk mengajukan pertanyaan umum tentang analitik Instagram: Dapatkah Google Analytics digunakan bersama dengan Instagram?
Hingga saat ini, kedua platform tersebut tidak terintegrasi dengan baik, dengan lalu lintas Instagram berakhir di bawah “traffic langsung” dalam laporan Google Analytics.
Karena informasi pengarah tidak dapat dilacak dari aplikasi ke browser seluler Anda, sulit bagi Google Analytics untuk mengidentifikasi lalu lintas yang berasal dari Instagram.
Ini menyebabkan lalu lintas langsung meningkat.
1. Apakah Lalu Lintas Langsung yang Diturunkan?
Cara yang paling populer untuk mendefinisikan “lalu lintas langsung” adalah untuk menggambarkannya sebagai pengunjung yang datang ke website Anda secara langsung atau, dengan kata lain, tiba di website Anda dengan mengetikkan domain ke bar alamat mereka. Lalu lintas langsung juga berasal dari bookmark.
Lalu lintas langsung adalah berita baik untuk situs web Anda karena itu berarti orang memilih untuk mengunjunginya tanpa kehendak sendiri, tidak seperti diminta oleh daftar hasil pencarian atau posting media sosial.
Siapa tahu? Mereka mungkin mampir untuk memeriksa blog Anda atau hanya mereferensikan beberapa informasi di situs web Anda.
Namun, ketika lalu lintas dari sumber lain tidak dilacak dengan benar, dapat dikelompokkan ke dalam grup "traffic langsung" di laporan Anda secara tidak sengaja. Ini mengarah pada peningkatan jumlah lalu lintas langsung, yang membuat analisis menjadi sedikit lebih sulit.
Bisnis dari semua ukuran dan industri menggunakan Instagram untuk terlibat dengan pengikut mereka. Untuk bisnis, game Instagram bukan hanya tentang berapa banyak suka yang didapat foto. Mereka juga peduli tentang pelacakan klik Tautan Dalam Bio dan menentukan siapa yang mengunjungi situs web mereka melalui pos yang dipromosikan.
Semua ini mengarahkan banyak bisnis untuk mengajukan pertanyaan umum tentang analitik Instagram: Dapatkah Google Analytics digunakan bersama dengan Instagram?
Hingga saat ini, kedua platform tersebut tidak terintegrasi dengan baik, dengan lalu lintas Instagram berakhir di bawah “traffic langsung” dalam laporan Google Analytics.
Karena informasi pengarah tidak dapat dilacak dari aplikasi ke browser seluler Anda, sulit bagi Google Analytics untuk mengidentifikasi lalu lintas yang berasal dari Instagram.
Ini menyebabkan lalu lintas langsung meningkat.
1. Apakah Lalu Lintas Langsung yang Diturunkan?
Cara yang paling populer untuk mendefinisikan “lalu lintas langsung” adalah untuk menggambarkannya sebagai pengunjung yang datang ke website Anda secara langsung atau, dengan kata lain, tiba di website Anda dengan mengetikkan domain ke bar alamat mereka. Lalu lintas langsung juga berasal dari bookmark.
Lalu lintas langsung adalah berita baik untuk situs web Anda karena itu berarti orang memilih untuk mengunjunginya tanpa kehendak sendiri, tidak seperti diminta oleh daftar hasil pencarian atau posting media sosial.
Siapa tahu? Mereka mungkin mampir untuk memeriksa blog Anda atau hanya mereferensikan beberapa informasi di situs web Anda.
Namun, ketika lalu lintas dari sumber lain tidak dilacak dengan benar, dapat dikelompokkan ke dalam grup "traffic langsung" di laporan Anda secara tidak sengaja. Ini mengarah pada peningkatan jumlah lalu lintas langsung, yang membuat analisis menjadi sedikit lebih sulit.
Instagram Marketing Made Easy dengan Schedugram
Merencanakan secara visual dan menjadwalkan posting Instagram, komedi putar, video dan cerita secara otomatis. Tandai lokasi dan pengguna, kelola tagar dan edit foto dengan mudah.
Lalu lintas langsung yang dipompa akan membuang keakuratan laporan Anda karena menunjukkan lebih banyak orang yang datang ke situs Anda secara langsung daripada yang sebenarnya. Ini juga menyembunyikan sumber lalu lintas lainnya, seperti jumlah orang yang sebenarnya berasal dari profil Instagram situs web Anda.
Karena akurasi adalah bagian besar dari strategi yang sukses, lalu lintas langsung yang meningkat pasti merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari. Untungnya, ada cara untuk menjaga lalu lintas Instagram Anda dari yang dikumpulkan dengan yang lain, itu hanya membutuhkan beberapa penyesuaian untuk URL Anda dan pengaturan Google Analytics Anda.
2. Dapatkah saya menggunakan Google Analytics untuk melacak trafik Instagram
Untungnya, Google selalu meningkatkan platform mereka, dan Google Analytics tidak terkecuali.
Selama lebih dari satu tahun sekarang, Google Analytics telah menampilkan Instagram dalam laporan di dasbor Anda. Namun, masih bisa gagal untuk mengidentifikasi beberapa lalu lintas yang datang melalui platform Instagram ke situs web Anda, tetapi untungnya bagi Anda, ada solusi!
Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas Instagram Anda dan membantu Anda lebih memahami apa yang sedang dilakukan oleh platform populer ini untuk membantu Anda membangun merek dan bisnis Anda.
3. Cara Melacak Lalu Lintas Instagram di Google Analytics dengan Tag UTM
Di antara metode yang paling andal untuk membantu bisnis Anda melacak lalu lintas Instagram adalah dengan menambahkan tag UTM, atau Pelacakan Kampanye. Ini tidak hanya berfungsi untuk Instagram, tetapi berfungsi untuk semua sumber eksternal yang Anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.
Pemberian tag UTM efektif dalam memperoleh data Google Analytics yang akurat. Dengan menggunakan pemberian tag UTM, Anda dapat memastikan bahwa Google Analytics mencatat lalu lintas persis seperti yang Anda inginkan: dengan akurasi 100%.
Apa itu Pemberian Tag UTM?
UTM adalah kependekan dari "Modul Pelacakan Urchin". Ini pasti tampak menakutkan pada awalnya, tetapi ini sangat membantu Anda sebagai seorang pemasar. Tanpa mereka, Anda akan menemukan diri Anda berjuang untuk melacak hasil kampanye Instagram Anda di Google Analytics.
Meskipun Anda akan dapat melihat hasil dari kampanye Instagram berbayar Anda di Pengelola Iklan Facebook, jika Anda ingin melacak lalu lintas yang berasal dari tautan bio Anda atau jika Anda ingin membandingkan kampanye Instagram dengan kampanye yang ditemukan dalam dasbor Google Analytics Anda, Pemberian tag UTM pada dasarnya adalah satu-satunya solusi untuk mencapai tujuan tersebut.
Sederhananya, UTM adalah bagian dari kode yang akan Anda gunakan di bagian akhir URL.
Kode yang Anda tambahkan memungkinkan Anda melacak parameter tertentu di dasbor Google Analytics Anda, seperti sumber lalu lintas.
Anda dapat menggunakan pemberian tag UTM untuk menemukan dari mana pengunjung ke URL tertentu berasal dan kampanye khusus mana yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Menyiapkan Pelacakan UTM dan Pelacakan Tautan Instagram Dengan Schedugram
Semuanya dimulai dengan memutuskan ke mana Anda ingin pengguna Anda pergi ketika mereka mengklik tautan yang ditandai. Misalnya, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman produk tertentu, halaman "Tentang Perusahaan Anda", atau hanya beranda Anda.
Cari tahu halaman mana yang paling sesuai dengan sasaran kampanye dan kirim mereka di sana.
Sekarang, jika kebetulan Anda ingin menyiapkan promosi tertentu, mungkin yang terbaik adalah membuat laman landas di situs Anda yang didedikasikan untuk lalu lintas Instagram.
Anda harus, tentu saja, memastikan bahwa laman ini ramah seluler karena sebagian besar trafik Instagram akan berasal dari orang yang menggunakan perangkat seluler mereka.
Anda juga harus menggunakan noindex dan nofollow untuk memastikan bahwa mesin pencari tidak menemukannya dan agar orang-orang tidak mengekliknya dari mana pun selain Instagram.
Ketika Anda telah memutuskan di mana untuk mengirim lalu lintas Anda, langkah selanjutnya adalah memberi tag pada URL pilihan menggunakan tiga parameter dan nilai ini:
utm_source = instagram akan mengidentifikasi sumber sebagai Instagram di dasbor Google Analytics Anda
utm_medium = sosial akan mengidentifikasi lalu lintas sebagai saluran media sosial
utm_campaign = profil akan memberikan beberapa detail tentang sumber lalu lintas
TIP PRO: Saat menyiapkan pemberian tag UTM Anda, Anda harus ingat bahwa Google Analytics peka huruf besar kecil. Jadi, jika Anda menandai satu tautan dengan utm_source = Instagram dan lainnya dengan utm_source = instagram, lalu lintas akan dipisahkan di dasbor Anda. Gunakan huruf kecil dengan segalanya agar tetap konsisten. Anda juga dapat mengganti utm_campaign = profil dengan nilai utm_campaign apa pun yang Anda inginkan.
PENTING! Pisahkan parameter kampanye Anda dari URL itu sendiri menggunakan tanda tanya. Juga, letakkan tanda yang sama antara setiap parameter dan nilainya. Akhirnya, gunakan ampersand untuk memisahkan parameter dari satu sama lain.
Terdengar membingungkan atau memakan waktu? Kabar baiknya adalah Anda dapat mengotomatiskan proses pemberian tag UTM dengan bantuan fitur pelacakan klik Schedugram, yang menambahkan data UTM secara otomatis.
Berikut beberapa contoh URL yang telah menerapkan tag UTM:
Merencanakan secara visual dan menjadwalkan posting Instagram, komedi putar, video dan cerita secara otomatis. Tandai lokasi dan pengguna, kelola tagar dan edit foto dengan mudah.
Lalu lintas langsung yang dipompa akan membuang keakuratan laporan Anda karena menunjukkan lebih banyak orang yang datang ke situs Anda secara langsung daripada yang sebenarnya. Ini juga menyembunyikan sumber lalu lintas lainnya, seperti jumlah orang yang sebenarnya berasal dari profil Instagram situs web Anda.
Karena akurasi adalah bagian besar dari strategi yang sukses, lalu lintas langsung yang meningkat pasti merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari. Untungnya, ada cara untuk menjaga lalu lintas Instagram Anda dari yang dikumpulkan dengan yang lain, itu hanya membutuhkan beberapa penyesuaian untuk URL Anda dan pengaturan Google Analytics Anda.
2. Dapatkah saya menggunakan Google Analytics untuk melacak trafik Instagram
Untungnya, Google selalu meningkatkan platform mereka, dan Google Analytics tidak terkecuali.
Selama lebih dari satu tahun sekarang, Google Analytics telah menampilkan Instagram dalam laporan di dasbor Anda. Namun, masih bisa gagal untuk mengidentifikasi beberapa lalu lintas yang datang melalui platform Instagram ke situs web Anda, tetapi untungnya bagi Anda, ada solusi!
Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas Instagram Anda dan membantu Anda lebih memahami apa yang sedang dilakukan oleh platform populer ini untuk membantu Anda membangun merek dan bisnis Anda.
3. Cara Melacak Lalu Lintas Instagram di Google Analytics dengan Tag UTM
Di antara metode yang paling andal untuk membantu bisnis Anda melacak lalu lintas Instagram adalah dengan menambahkan tag UTM, atau Pelacakan Kampanye. Ini tidak hanya berfungsi untuk Instagram, tetapi berfungsi untuk semua sumber eksternal yang Anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.
Pemberian tag UTM efektif dalam memperoleh data Google Analytics yang akurat. Dengan menggunakan pemberian tag UTM, Anda dapat memastikan bahwa Google Analytics mencatat lalu lintas persis seperti yang Anda inginkan: dengan akurasi 100%.
Apa itu Pemberian Tag UTM?
UTM adalah kependekan dari "Modul Pelacakan Urchin". Ini pasti tampak menakutkan pada awalnya, tetapi ini sangat membantu Anda sebagai seorang pemasar. Tanpa mereka, Anda akan menemukan diri Anda berjuang untuk melacak hasil kampanye Instagram Anda di Google Analytics.
Meskipun Anda akan dapat melihat hasil dari kampanye Instagram berbayar Anda di Pengelola Iklan Facebook, jika Anda ingin melacak lalu lintas yang berasal dari tautan bio Anda atau jika Anda ingin membandingkan kampanye Instagram dengan kampanye yang ditemukan dalam dasbor Google Analytics Anda, Pemberian tag UTM pada dasarnya adalah satu-satunya solusi untuk mencapai tujuan tersebut.
Sederhananya, UTM adalah bagian dari kode yang akan Anda gunakan di bagian akhir URL.
Kode yang Anda tambahkan memungkinkan Anda melacak parameter tertentu di dasbor Google Analytics Anda, seperti sumber lalu lintas.
Anda dapat menggunakan pemberian tag UTM untuk menemukan dari mana pengunjung ke URL tertentu berasal dan kampanye khusus mana yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Menyiapkan Pelacakan UTM dan Pelacakan Tautan Instagram Dengan Schedugram
Semuanya dimulai dengan memutuskan ke mana Anda ingin pengguna Anda pergi ketika mereka mengklik tautan yang ditandai. Misalnya, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman produk tertentu, halaman "Tentang Perusahaan Anda", atau hanya beranda Anda.
Cari tahu halaman mana yang paling sesuai dengan sasaran kampanye dan kirim mereka di sana.
Sekarang, jika kebetulan Anda ingin menyiapkan promosi tertentu, mungkin yang terbaik adalah membuat laman landas di situs Anda yang didedikasikan untuk lalu lintas Instagram.
Anda harus, tentu saja, memastikan bahwa laman ini ramah seluler karena sebagian besar trafik Instagram akan berasal dari orang yang menggunakan perangkat seluler mereka.
Anda juga harus menggunakan noindex dan nofollow untuk memastikan bahwa mesin pencari tidak menemukannya dan agar orang-orang tidak mengekliknya dari mana pun selain Instagram.
Ketika Anda telah memutuskan di mana untuk mengirim lalu lintas Anda, langkah selanjutnya adalah memberi tag pada URL pilihan menggunakan tiga parameter dan nilai ini:
utm_source = instagram akan mengidentifikasi sumber sebagai Instagram di dasbor Google Analytics Anda
utm_medium = sosial akan mengidentifikasi lalu lintas sebagai saluran media sosial
utm_campaign = profil akan memberikan beberapa detail tentang sumber lalu lintas
TIP PRO: Saat menyiapkan pemberian tag UTM Anda, Anda harus ingat bahwa Google Analytics peka huruf besar kecil. Jadi, jika Anda menandai satu tautan dengan utm_source = Instagram dan lainnya dengan utm_source = instagram, lalu lintas akan dipisahkan di dasbor Anda. Gunakan huruf kecil dengan segalanya agar tetap konsisten. Anda juga dapat mengganti utm_campaign = profil dengan nilai utm_campaign apa pun yang Anda inginkan.
PENTING! Pisahkan parameter kampanye Anda dari URL itu sendiri menggunakan tanda tanya. Juga, letakkan tanda yang sama antara setiap parameter dan nilainya. Akhirnya, gunakan ampersand untuk memisahkan parameter dari satu sama lain.
Terdengar membingungkan atau memakan waktu? Kabar baiknya adalah Anda dapat mengotomatiskan proses pemberian tag UTM dengan bantuan fitur pelacakan klik Schedugram, yang menambahkan data UTM secara otomatis.
Berikut beberapa contoh URL yang telah menerapkan tag UTM:
https://www.mywebsite.com/?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=insta_profile
https://www.mywebsite.com/little-black-dress/?utm_source=instagram&utm_medium=cpc&utm_campaign=sunday_sale
https://www.mywebsite.com/about_us/?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=instagram_profile
Setiap kali seseorang mengeklik tautan yang telah diberi tag, parameter yang Anda tambahkan ke URL akan dikirim langsung ke dasbor Google Analytics Anda dan Anda akan dapat melihat semua data yang dikumpulkan dalam laporan Anda.
Tentu saja, metode ini memiliki satu kelemahan: Anda akan berakhir dengan URL yang sangat panjang.
Tim RThe Schedugram membuat analitik klik untuk Instagram dengan Anda dalam pikiran. Anda mengaktifkan pelacakan klik untuk setiap akun Instagram yang ingin Anda gunakan.
Masuk ke akun Schedugram Anda. Jika Anda adalah pengguna baru, cobalah uji coba gratis 7 hari untuk menguji penjadwal Instagram fitur lengkap.
Buka halaman "kelola akun", dan klik tindakan akun> pengaturan akun. Di sini, Anda dapat mengatur URL yang akan Anda gunakan.
Setelah mengaktifkannya di pengaturan akun, ubah URL profil akun Instagram Anda ke URL yang Anda lihat di jendela. Ini berarti kami dapat melacak klik pengikut Anda.
Kemudian, ketika Anda mengunggah konten, Anda sekarang akan melihat kotak “URL”. Masukkan URL yang ingin Anda kunjungi ketika pengikut mengeklik tautan bio Anda, dan kami akan melakukan sisanya.
Di bagian arsip log aktivitas Anda, Anda akan melihat hitungan jumlah klik yang terjadi saat pos tersebut ditayangkan.
Setelah posting diterbitkan, Anda akan dapat melihat jumlah klik melalui tautan bio Anda saat posting tersebut adalah yang terbaru. Ikon tautan berwarna abu-abu jika pos memiliki URL default yang aktif, atau biru (seperti di bawah) jika memiliki URL khusus (dan sekali lagi, Anda dapat mengarahkan mouse untuk melihat apa URL-nya):
Mengapa Panjang URL Buruk
Instagram adalah tautan singkat dan cantik.
Saat Anda menggunakan pemberian tag UTM, sangat mudah untuk mengakhiri tautan yang terlalu jelek dan panjang untuk dimasukkan dalam profil Instagram Anda. Penghubung tautan dapat digunakan, tentu saja, tetapi tautan tersebut sering dikaitkan dengan akun spam dan, kecuali orang benar-benar mempercayai Anda, mungkin itu tidak akan memberi Anda hasil yang bagus.
Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?
Untuk mencegah tautan yang panjang atau membingungkan, Anda dapat melakukannya dan membuat pengalihan 301 di situs web Anda. Dengan kata lain, Anda akan dapat menambahkan URL pendek dan cantik ke profil Anda, seperti www.mywebsite.com/instagram, tetapi kemudian ketika seseorang mengklik URL tersebut, mereka akan diteruskan ke tautan Anda yang ditandai.
Menyiapkan Pengalihan 301
Jika Anda tidak tahu cara mengatur pengalihan 301, Anda memiliki beberapa opsi.
1. Anda dapat menghubungi webmaster Anda dan membuatnya untuk membuatnya untuk Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin URL "cantik" Anda, www.mywebsite.com/instagram, untuk mengarahkan ulang ke URL yang Anda tandai (pastikan untuk memberikan keduanya kepada mereka di pesan Anda).
Atau…
2. Anda kebetulan mengoperasikan situs WordPress, cukup instal plugin gratis bernama Pretty Links dan Anda akan dapat membuat 301 pengalihan langsung dari dasbor Anda. Anda akan menempatkan kedua tautan (tautan pendek dan tautan yang diberi tag) ke dalam alat dan itu akan melakukan sisanya untuk Anda.
4. Cara Menarik Data Biaya Iklan Instagram ke Google Analytics
Jika Anda pernah mengelola promosi Instagram, Anda sudah tahu bahwa Anda harus menggunakan Pengelola Iklan Facebook untuk melakukannya. Kampanye tersebut dikelola dalam platform yang sama dengan kampanye Facebook, dan itu berarti Anda dapat melihat statistik kampanye di Instagram atau Facebook, tetapi dapatkah Anda membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda?
Dengan OWOX BI Pipeline, Anda bisa!
Ini adalah alat yang secara otomatis mengumpulkan statistik tentang biaya, klik, dan tayangan Anda dari Facebook dan layanan yang tidak menggunakan Iklan Google dan membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda.
Akibatnya, Anda akan dapat mengukur biaya kampanye dan melacak konversi di semua sumber iklan yang Anda gunakan dan melihat semuanya di satu tempat di dasbor Google Analytics Anda. Pada gilirannya, Anda akan menghemat banyak waktu ketika Anda perlu menganalisis bagaimana kinerja suatu kampanye.
Apakah OWOX BI Pipeline Aman?
Meskipun mungkin tidak memiliki nama yang catchiest, OWOX BI Pipeline memang aman.
Faktanya, ini adalah mitra teknologi Google Cloud Platform resmi dan hanya menggunakan API resmi. Itu artinya alat tepercaya untuk digunakan oleh bisnis Anda dan dapat melakukan keajaiban untuk kemampuan pelacakan kampanye Anda.
Ini gratis untuk mencoba selama 14 hari, tetapi menggunakannya melewati jumlah waktu itu akan membutuhkan biaya. Mereka memiliki rencana berbeda jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang platform dan mungkin mengaturnya sendiri. Pergi saja ke sini.
5. Cara Menggabungkan Rujukan di Google Analytics
Jika situs web Anda menggunakan Instagram untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan kemudian Anda menggunakan Google Analytics untuk menganalisis lalu lintas, Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa lalu lintas terbagi.
Itu karena Instagram terkadang membagi lalu lintas antara instagram.com dan l.instagram.com. Jika seorang pengguna melewati Link Shim sebelum mereka masuk ke situs web Anda, huruf "L" akan muncul di depan Instagram, dan Google Analytics akan menganggapnya sebagai sumber lalu lintas terpisah. Ini bukan akhir dunia, tetapi itu bisa membuat pelacakan menjadi sedikit lebih sulit.
Apa itu Tautan Shim dan Bagaimana Ini Mempengaruhi Analisis Instagram Anda?
Link Shim adalah alat yang dirancang untuk membantu menjaga pengguna Facebook, dan pengguna Instagram yang dimiliki Facebook, sejajar tentang potensi situs web yang berisi spam atau berbahaya. Ini juga berfungsi untuk melindungi informasi pribadi mereka, seperti nama pengguna mereka, agar tidak terungkap di URL perujuk.
Link Shim mengalihkan sementara mereka ke halaman web non-HTTPS di mana informasi pengarah mereka ditimpa, sehingga menyembunyikan informasi pribadi apa pun dari Anda, tempat di mana pengguna akhirnya akan mendarat.
Sebenarnya, ada kabar baik untuk Anda, karena Link Shim menyimpan semua data perujuk yang relevan.
Tanpa data itu, Google Analytics akan memasukkan lalu lintas apa pun yang melewati Link Shim ke nomor lalu lintas "langsung". Namun, karena itu, setiap lalu lintas Facebook atau Instagram yang didapat situs web Anda akan dibagi ke dua perujuk saat Anda melihat laporan di Google Analytics.
Lalu lintas Facebook dibagi antara m.facebook.com dan lm.facebook.com, dengan "M" berarti ponsel.
Menggabungkan kembali Data
Dalam banyak kasus, Anda mungkin merasa bahwa lalu lintas Anda terbagi antara beberapa perujuk saat itu, memang, berasal dari satu sumber menghambat upaya pemasaran Anda dan keakuratan analitik Anda.
Jika itu masalahnya untuk Anda, jangan khawatir. Anda benar-benar dapat menggabungkan kembali referensi dengan menggunakan Pencarian dan Ganti filter di Google Analytics.
Untuk melakukan ini, pertama-tama pastikan Anda memiliki tampilan yang tidak difilter untuk setiap properti di dasbor Anda. Perlu diingat bahwa filter tidak dapat diubah dan, setelah Anda menerapkannya, Anda tidak akan dapat memfilter data. Jika Anda ingin melanjutkan, buka bagian Admin dan pilih tampilan yang ingin Anda filter.
Klik "Filter" di kolom.
Klik "+ Tambahkan Filter" dan beri nama yang akan Anda ingat, seperti "Semua Lalu Lintas Instagram"
Setel jenis filter ke "Custom" dan pilih "Cari dan Ganti"
Sekarang, untuk mengonfigurasi filter Anda, gunakan opsi ini:
Pilih "Sumber Kampanye" untuk Bidang Filter
Di kolom Search String, masukkan (.* \.|^)? [I|i]nstagram ($|\.com)
Di bidang Ganti String, masukkan Instagram
Jika Anda ingin membersihkan referral Facebook Anda juga, gunakan (.*\.|^)? [F|f] acebook ($|\ .com) di bidang Pencarian String dan Facebook di bidang Ganti String.
Anda dapat mengklik tombol "Verifikasi" sebelum Anda menyimpan untuk melihat cara kerjanya. Jika Anda mendapatkan pesan yang bertuliskan “Filter ini tidak akan mengubah data Anda” itu artinya tidak ada data yang cocok ditemukan dalam contoh 7 hari yang akan digunakan Google Analytics untuk verifikasi.
Sekarang klik tombol simpan dan terapkan filter ke semua data Anda. Schedugram dapat membantu Anda mengatur penandaan UTM Anda secara otomatis sehingga Anda dapat mulai menikmati laporan yang lebih bersih dan lebih akurat. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, pesan sesi satu-satu dengan salah satu perwakilan dukungan pelanggan kami.
Jika Instagram Analytics adalah topik yang luar biasa untuk Anda, Anda akan senang mendengar bahwa Schedugram membuat wawasan dan pelaporan lebih mudah dari sebelumnya dengan Dasbor Analisis Analytics.
https://www.mywebsite.com/little-black-dress/?utm_source=instagram&utm_medium=cpc&utm_campaign=sunday_sale
https://www.mywebsite.com/about_us/?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=instagram_profile
Setiap kali seseorang mengeklik tautan yang telah diberi tag, parameter yang Anda tambahkan ke URL akan dikirim langsung ke dasbor Google Analytics Anda dan Anda akan dapat melihat semua data yang dikumpulkan dalam laporan Anda.
Tentu saja, metode ini memiliki satu kelemahan: Anda akan berakhir dengan URL yang sangat panjang.
Tim RThe Schedugram membuat analitik klik untuk Instagram dengan Anda dalam pikiran. Anda mengaktifkan pelacakan klik untuk setiap akun Instagram yang ingin Anda gunakan.
Masuk ke akun Schedugram Anda. Jika Anda adalah pengguna baru, cobalah uji coba gratis 7 hari untuk menguji penjadwal Instagram fitur lengkap.
Buka halaman "kelola akun", dan klik tindakan akun> pengaturan akun. Di sini, Anda dapat mengatur URL yang akan Anda gunakan.
Setelah mengaktifkannya di pengaturan akun, ubah URL profil akun Instagram Anda ke URL yang Anda lihat di jendela. Ini berarti kami dapat melacak klik pengikut Anda.
Kemudian, ketika Anda mengunggah konten, Anda sekarang akan melihat kotak “URL”. Masukkan URL yang ingin Anda kunjungi ketika pengikut mengeklik tautan bio Anda, dan kami akan melakukan sisanya.
Di bagian arsip log aktivitas Anda, Anda akan melihat hitungan jumlah klik yang terjadi saat pos tersebut ditayangkan.
Setelah posting diterbitkan, Anda akan dapat melihat jumlah klik melalui tautan bio Anda saat posting tersebut adalah yang terbaru. Ikon tautan berwarna abu-abu jika pos memiliki URL default yang aktif, atau biru (seperti di bawah) jika memiliki URL khusus (dan sekali lagi, Anda dapat mengarahkan mouse untuk melihat apa URL-nya):
Mengapa Panjang URL Buruk
Instagram adalah tautan singkat dan cantik.
Saat Anda menggunakan pemberian tag UTM, sangat mudah untuk mengakhiri tautan yang terlalu jelek dan panjang untuk dimasukkan dalam profil Instagram Anda. Penghubung tautan dapat digunakan, tentu saja, tetapi tautan tersebut sering dikaitkan dengan akun spam dan, kecuali orang benar-benar mempercayai Anda, mungkin itu tidak akan memberi Anda hasil yang bagus.
Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?
Untuk mencegah tautan yang panjang atau membingungkan, Anda dapat melakukannya dan membuat pengalihan 301 di situs web Anda. Dengan kata lain, Anda akan dapat menambahkan URL pendek dan cantik ke profil Anda, seperti www.mywebsite.com/instagram, tetapi kemudian ketika seseorang mengklik URL tersebut, mereka akan diteruskan ke tautan Anda yang ditandai.
Menyiapkan Pengalihan 301
Jika Anda tidak tahu cara mengatur pengalihan 301, Anda memiliki beberapa opsi.
1. Anda dapat menghubungi webmaster Anda dan membuatnya untuk membuatnya untuk Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin URL "cantik" Anda, www.mywebsite.com/instagram, untuk mengarahkan ulang ke URL yang Anda tandai (pastikan untuk memberikan keduanya kepada mereka di pesan Anda).
Atau…
2. Anda kebetulan mengoperasikan situs WordPress, cukup instal plugin gratis bernama Pretty Links dan Anda akan dapat membuat 301 pengalihan langsung dari dasbor Anda. Anda akan menempatkan kedua tautan (tautan pendek dan tautan yang diberi tag) ke dalam alat dan itu akan melakukan sisanya untuk Anda.
4. Cara Menarik Data Biaya Iklan Instagram ke Google Analytics
Jika Anda pernah mengelola promosi Instagram, Anda sudah tahu bahwa Anda harus menggunakan Pengelola Iklan Facebook untuk melakukannya. Kampanye tersebut dikelola dalam platform yang sama dengan kampanye Facebook, dan itu berarti Anda dapat melihat statistik kampanye di Instagram atau Facebook, tetapi dapatkah Anda membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda?
Dengan OWOX BI Pipeline, Anda bisa!
Ini adalah alat yang secara otomatis mengumpulkan statistik tentang biaya, klik, dan tayangan Anda dari Facebook dan layanan yang tidak menggunakan Iklan Google dan membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda.
Akibatnya, Anda akan dapat mengukur biaya kampanye dan melacak konversi di semua sumber iklan yang Anda gunakan dan melihat semuanya di satu tempat di dasbor Google Analytics Anda. Pada gilirannya, Anda akan menghemat banyak waktu ketika Anda perlu menganalisis bagaimana kinerja suatu kampanye.
Apakah OWOX BI Pipeline Aman?
Meskipun mungkin tidak memiliki nama yang catchiest, OWOX BI Pipeline memang aman.
Faktanya, ini adalah mitra teknologi Google Cloud Platform resmi dan hanya menggunakan API resmi. Itu artinya alat tepercaya untuk digunakan oleh bisnis Anda dan dapat melakukan keajaiban untuk kemampuan pelacakan kampanye Anda.
Ini gratis untuk mencoba selama 14 hari, tetapi menggunakannya melewati jumlah waktu itu akan membutuhkan biaya. Mereka memiliki rencana berbeda jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang platform dan mungkin mengaturnya sendiri. Pergi saja ke sini.
5. Cara Menggabungkan Rujukan di Google Analytics
Jika situs web Anda menggunakan Instagram untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan kemudian Anda menggunakan Google Analytics untuk menganalisis lalu lintas, Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa lalu lintas terbagi.
Itu karena Instagram terkadang membagi lalu lintas antara instagram.com dan l.instagram.com. Jika seorang pengguna melewati Link Shim sebelum mereka masuk ke situs web Anda, huruf "L" akan muncul di depan Instagram, dan Google Analytics akan menganggapnya sebagai sumber lalu lintas terpisah. Ini bukan akhir dunia, tetapi itu bisa membuat pelacakan menjadi sedikit lebih sulit.
Apa itu Tautan Shim dan Bagaimana Ini Mempengaruhi Analisis Instagram Anda?
Link Shim adalah alat yang dirancang untuk membantu menjaga pengguna Facebook, dan pengguna Instagram yang dimiliki Facebook, sejajar tentang potensi situs web yang berisi spam atau berbahaya. Ini juga berfungsi untuk melindungi informasi pribadi mereka, seperti nama pengguna mereka, agar tidak terungkap di URL perujuk.
Link Shim mengalihkan sementara mereka ke halaman web non-HTTPS di mana informasi pengarah mereka ditimpa, sehingga menyembunyikan informasi pribadi apa pun dari Anda, tempat di mana pengguna akhirnya akan mendarat.
Sebenarnya, ada kabar baik untuk Anda, karena Link Shim menyimpan semua data perujuk yang relevan.
Tanpa data itu, Google Analytics akan memasukkan lalu lintas apa pun yang melewati Link Shim ke nomor lalu lintas "langsung". Namun, karena itu, setiap lalu lintas Facebook atau Instagram yang didapat situs web Anda akan dibagi ke dua perujuk saat Anda melihat laporan di Google Analytics.
Lalu lintas Facebook dibagi antara m.facebook.com dan lm.facebook.com, dengan "M" berarti ponsel.
Menggabungkan kembali Data
Dalam banyak kasus, Anda mungkin merasa bahwa lalu lintas Anda terbagi antara beberapa perujuk saat itu, memang, berasal dari satu sumber menghambat upaya pemasaran Anda dan keakuratan analitik Anda.
Jika itu masalahnya untuk Anda, jangan khawatir. Anda benar-benar dapat menggabungkan kembali referensi dengan menggunakan Pencarian dan Ganti filter di Google Analytics.
Untuk melakukan ini, pertama-tama pastikan Anda memiliki tampilan yang tidak difilter untuk setiap properti di dasbor Anda. Perlu diingat bahwa filter tidak dapat diubah dan, setelah Anda menerapkannya, Anda tidak akan dapat memfilter data. Jika Anda ingin melanjutkan, buka bagian Admin dan pilih tampilan yang ingin Anda filter.
Klik "Filter" di kolom.
Klik "+ Tambahkan Filter" dan beri nama yang akan Anda ingat, seperti "Semua Lalu Lintas Instagram"
Setel jenis filter ke "Custom" dan pilih "Cari dan Ganti"
Sekarang, untuk mengonfigurasi filter Anda, gunakan opsi ini:
Pilih "Sumber Kampanye" untuk Bidang Filter
Di kolom Search String, masukkan (.* \.|^)? [I|i]nstagram ($|\.com)
Di bidang Ganti String, masukkan Instagram
Jika Anda ingin membersihkan referral Facebook Anda juga, gunakan (.*\.|^)? [F|f] acebook ($|\ .com) di bidang Pencarian String dan Facebook di bidang Ganti String.
Anda dapat mengklik tombol "Verifikasi" sebelum Anda menyimpan untuk melihat cara kerjanya. Jika Anda mendapatkan pesan yang bertuliskan “Filter ini tidak akan mengubah data Anda” itu artinya tidak ada data yang cocok ditemukan dalam contoh 7 hari yang akan digunakan Google Analytics untuk verifikasi.
Sekarang klik tombol simpan dan terapkan filter ke semua data Anda. Schedugram dapat membantu Anda mengatur penandaan UTM Anda secara otomatis sehingga Anda dapat mulai menikmati laporan yang lebih bersih dan lebih akurat. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, pesan sesi satu-satu dengan salah satu perwakilan dukungan pelanggan kami.
Jika Instagram Analytics adalah topik yang luar biasa untuk Anda, Anda akan senang mendengar bahwa Schedugram membuat wawasan dan pelaporan lebih mudah dari sebelumnya dengan Dasbor Analisis Analytics.
Labels:
Instagram
Thanks for reading Cara Melacak Pengunjung Instagram Dengan Google Analytics. Please share...!
0 Comment for "Cara Melacak Pengunjung Instagram Dengan Google Analytics"